Keluarga (家族)

Setahun vakum dari blog kini muncl lagi... XD


Sebutan untuk anggota keluarga sendiri :



Sebutan untuk keluarga orang lain :



Untuk menyebut jumlah orang :


Jadi rumusnya : angka + nin

Pola Kalimat 1:



Keterangan :
  • "...nin" = .... orang
  • "kazoku" = keluarga

Contoh :
  1. Gonin kazoku desu (五人家族です) = 5 orang keluarga
  2. Rokunin kazoku desu (六人家族です) = 6 orang keluarga
  3. Juuninin kazoku desu (十二人家族です) = 12 orang keluarga
  4. Nannin kazoku desuka (何人家族ですか) = berapa orang keluarga?

Pola Kalimat 2:



 Keterangan :
  • "Kyoudai" = bersaudara / saudara
 Contoh :
  1. Sannin kyoudai desu (三人兄弟です) = 3 orang bersaudara
  2. Shichinin kyoudai desu (七人兄弟です) = 7 orang bersaudara
  3. Juuichinin kyoudai desu (十一人兄弟です) =  11 orang bersaudara
  4. Nannin kyoudai desuka (何人兄弟ですか) = berapa orang bersaudara?

Catatan :

Untuk menyebutkan anak tunggal, digunakan "Hitorikko (ひとりっこ)"


Pola Kalimat 3:



 Keterangan :
  • "Ga" = partikel Subjek
  • "Imasu" = ada
 Contoh :
  1. Ane ga futari imasu (姉が二人います) = Kakak perempuan (saya) ada 2 orang
  2. Otouto ga hitori imasu (弟が一人います) = Adik laki-laki (saya) ada 1 orang

Untuk menghubungkan dua kalimat di atas, digunakan partikel "to (と)" yang artinya "dan"

Ane ga futari to otouto ga hitori imasu 
(姉が二人と弟が一人います)
Kakak perempuan saya ada 2 orang dan adik laki-laki saya ada 1 orang


Pola Kalimat 4 :



 Keterangan :
  • "Wa" = partikel subjek
Contoh :


  1. Rina san wa oniisan ga hitori imasu (りなさんはお兄さんが一人います) = Rina memiliki seorang kakak laki-laki
  2. Ari san wa imoutosan ga sannin imasu (アリさんは妹さんが三人います) = Ari memiliki 3 orang adik perempuan
  3. Tomu san wa oneesan ga hitori to otoutosan ga yonin imasu (トムさんはお姉さんが一人と弟さんが四人います) = Tom memiliki 1 orang kakak perempuan dan 4 orang adik laki-laki

Sumber : Tanoshii Nihongo 2, Google









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram